Pengajian Jum'at Pagi

Administrator 10 Mei 2019 10:36:31 WIB

Pemerintah Kecamatan Sedayu selama bulan Ramadhan 1440 H menyelenggarakan pengajian setiap hari Jumat, kebetulan hari ini (10/05/2019 Pemerintah desa Argomulyo  mendapat giliran menjadi penyelenggara pengajian tersebut. Pengajian ini diikuti oleh segenap pejabat lintas kecamatan Sedayu, Muspika Sedayu, Pamong desa Argomulyo, kelompok pengajian Tim Penggerak PKK serta penerima santunan.

Dalam sambutan Pengajian Jumat Pagi tersebut Camat Sedayu Drs. Fauzan Mu’arifin  mengajak kepada hadirin pengajian untuk bersyukur baik lisan maupun amal serta mengajak masyarakat untuk mencintai kebersihan lingkungan. Perlu diingat bahwa Kebersihan sebagian dari iman.

Dalam kesempatan tersebut pembacaan ayat suci Al-Qur’an dibacakan oleh Bakin yang merupakan staf di KUA Sedayu.

Adapun ustadz yang mengisi tausiah pada Pengajiian Jumat Pagi ini adalah Drs. Muslihun yang menjabat sebagai kepala di KUA Pajangan. Tema dalam tausiah yang disampaikan kali ini adalah tentang ketakwaan.

Muslihun memaparkan, bahwa untuk menjadi orang bertakwa bisa melalui beberapa cara salah satunya adalah Shodaqoh. Karena sebagian dari harta kita itu ada hak orang lain yang harus kita keluarkan.

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ ﴿١٩﴾

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 19)

Yang kedua adalah dengan Ibadah yaitu dengan melakukan Shalat karena sholat adalah penghubung paling kuat antara hamba dengan Rabb-nya.

dan yang ketiga adalah silaturahmi terhadap tetangga, tetangga adalah orang-orang yang tempat tinggalnya atau rumahnya berdekatan dengan kita. Menjaga hubungan baik dengan tetangga menjadi suatu keharusan bagi kita, agar kita dapat hidup berdampingan secara baik. Tetangga menjadi sangat penting, dimana merekalah yang pertama kali akan membantu kita dalam berbagai kesulitan atau musibah yang menimpa kita. Untuk itu maka sudah sepantasnya kita menjalin hubungan yang erat dengan tetangga, saling menghormati dan mencinta serta berkomunikasi dengan baik. Hak dan kedudukan tetangga bagi seorang muslim sangatlah besar dan mulia. Sampai-sampai sikap terhadap tetangga dijadikan sebagai indikasi keimanan. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia muliakan tetangganya” (HR. Bukhari 5589, Muslim 70)

Pengajian diakhiri dengan acara pembagian santunan kepada warga jompo.

Komentar atas Pengajian Jum'at Pagi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License