Pemerintah Desa Argomulyo Menghadiri Sosialisasi Program PTSL 2020

26 Februari 2020 12:03:31 WIB

Pemerintah Desa Argomulyo menghadiri sosialisasi program PTSL tahun 2020 di balaidesa Argorejo, selasa 25 februari 2020.

Kegiatan yang diadakan oleh Badan Pertanahan Nasional ini bertujuan untuk menyebar luaskan prosedur lengkap untuk pengurusan program PTSL tahun 2020. PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018. PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

BPN menentukan untuk waktu pengurusan berkas dimulai pada bulan mei, untuk berkas pengurusan berupa KTP, KK, SPPT PBB, Kutipan Leter C untuk kepemilikan sendiri sengkan untuk warisan berkas yang disiapkan yaitu KTP, KK, SPPT PBB, Kutipan Letter C, KTP dan KK semua ahli waris, Akta Kematian.

Komentar atas Pemerintah Desa Argomulyo Menghadiri Sosialisasi Program PTSL 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas