Upacara dan Tabur Bunga

Administrator 02 Maret 2020 10:56:17 WIB

Pemerintah Desa Argomulyo dan berbagai elemen masyarakat mengikuti upacara bendera dan tabur bunga di makam pejuang Somenggalan, Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, dalam rangka memperingati peristiwa serangan umum 1 maret 1949. Hadir dalam upacara dan tabur bunga diatas Brigjen TNI Edy Syahputra Siahaan (Ka Jahrad), May jend TNI (Pur) Ahmad Tanibali Lamo, Drs. H Suharsono Bupati Bantul, Dandim 0729 Bantul, Ka Polres Bantul, Ka Dirut kebudayaan DIY, Rektor UMBY, Ketua Baramus DIY, Muspika kec sedayu, Lurah Desa se kec sedayu, Ka sekolah lanjutan SLTP, SLTA, SMK se kec sedayu, serta dari keluarga besar HM.Soeharto antara lain Bpk/ibu H.Subarjo Suhardi, Bpk DR Aries Setyanto Nugroho, dan Ibu Hajah Noto Suwito. Kegiatan ini dimulai dengan upacara penghormatan yang dipimpin Bupati Bantul Bpk Drs H Suharsono. Makam Somenggalan merupakan tempat pemakaman para pejuang asal dusun Kemusuk yang gugur mempertahankan kemerdekaan pada masa pendudukan tentara Belanda, di masa Agresi Militer II pada 1948-1949, khususnya saat menghadapi tentara Belanda yang datang ke dusun Kemusuk untuk mencari Presiden Soeharto, yang saat itu masih berpangkat letnan jenderal.
Tercatat dalam nama-nama yang diabadikan di dinding ada sekitar 202 warga dusun Kemusuk yang gugur dan dimakamkan di makam Somenggalan ini. Termasuk di antaranya ayah dari Probosutejo dan Ny. Soeharjo Soebardi, yakni R. Atmo Prawiro, yang dieksekusi tentara Belanda karena bersikeras tidak memberitahukan informasi mengenai keberadaan Letjen Soeharto. Dalam salah satu potongan sambutannya Soeharjo Soebardi. menyampaikan : “Generasi muda perlu tahu, andai masyarakat Kemusuk waktu itu tidak kompak untuk merahasiakan informasi keberadaan Pak Harto, dan membuat Pak Harto tertangkap, mungkin kondisi Indonesia tidak akan seperti saat ini. Ini menjadi bukti dusun Kemusuk turut memberikan andil terhadap sejarah kemerdekaan NKRI”. Pengelola Makam bekerjasama dengan peneliti untuk mengunkap tambahan bukti yang memperkuat bahwa Kemusuk memberi andil besar bagi Indonesia dan Internasional.

 

Sumber : https://korem072-tniad.mil.id/upacara-dan-tabur-bunga-di-makam-somenggalan/

 

 

 

Komentar atas Upacara dan Tabur Bunga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License