Gertak PSN di dusun WATU

Administrator 13 Maret 2020 13:44:31 WIB

Jum’at (13/03) bertempat di rumah pak nadar ismanto (dukuh watu) Gertak PSN atau sering dikenal dengan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk dilakukan pada pukul 07.00 WIB. Gerakan pemberantasan sarang nyamuk ini penting untuk sosialisasi kepada masyarakat sekaligus mencegah demam berdarah. Hal ini terkait sudah ditemukan ada laporan dari puskesmas bahwa dusun watu sudah ada yang terkena demam berdarah. Tim Gertak terdiri dari Unsur Kecamatan Sedayu, Polsek Sedayu, Koramil Sedayu, KUA Sedayu, Puskesmas Sedayu I, Puskesmas Sedayu II dan perangkat desa. PSN perlu ditingkatkan terutama ketika musim hujan seperti saat ini karena dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. Untuk itu diperlukan kepedulian peran serta aktif masyarakat untuk bergotong royong melakukan langkah-langkah pencegahan penularan penyakit DBD, melalui kegiatan pemberantasan nyamuk dan jentik secara berkala dan PSN 3M Plus.

Indikator potensi terjangkitnya demam berdarah disuatu wilayah adalah dengan mengetahui Angka Bebas Jentik (ABJ). Perhitungan ABJ dilakukan dengan cara membagi jumlah rumah yang bebas jentik dengan total rumah yang diperiksa. Semakin tinggi ABJ, semakin kecil kemungkinan diwilayah tersebut terjangkit kasus DBD. Semakin tinggi ABJ, berarti sedikit jumlah jentik yang diketemukan. ABJ untuk  Dusun Watu adalah 88,79% angka ini masih dibawah target 95% artinya dusun watu belum terbebas dari jentik nyamuk.

Komentar atas Gertak PSN di dusun WATU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License