TEMU KERJA PROGRAM DESA MANDIRI LESTARI TAHUN 2018

Administrator 19 Januari 2018 10:13:38 WIB

Pada tanggal 16 – 18 Januari 2018 desa Argomulyo mengikuti acara Temu Kerja yang diadakan oleh yayasan Damandiri, bertempat di Swiss Bell Hotel Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh yayasan Damandiri dengan tujuan untuk menggerakkan kepedulian dan kebersamaan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. membangun sumber daya manusia, utamanya dari keluarga kurang mampu, dengan menempatkan yayasan sebagai wadah bagi masyarakat untuk bergotong-royong mewujudkan tingkat kesejahteraan sejati dan taraf hidup mandiri.

Dalam acara ini desa menyusun usulan program-program pengentasan kemiskinan tahun 2018, sehingga dari yayasan Damandiri akan menggelontorkan dana seseuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Bidang prioritas yang dibantu adalah pendidikan, kesehatan, budaya, pembinaan kemasyarakatan, ekonomi, dan lingkungan.

Yayasan Dana Sejahtera Mandiri atau disebut Yayasan Damandiri didirikan pada tanggal 15 Januari 1996 oleh HM Soeharto sebagai pribadi, yang kebetulan saat itu menjabat Presiden RI. Sebagai pendiri, HM Soeharto dipercaya sebagai ketua yayasan, dibantu oleh Prof. Dr. Haryono Suyono sebagai Wakil Ketua I, Sudwikatmono sebagai Wakil Ketua II, dan Liem Soei Liong sebagai Wakil Ketua III.

Pada umumnya dalam keluarga miskin biasanya sumber penghasilan keluarga mengandalkan suami. Peran istri terbatas mengurus anak atau keadaan rumah tangga di rumah. Padahal keluarga kurang beruntung umumnya berpendidikan rendah. Keterampilan juga rendah. Jarang berfikir untuk jangka panjang. Dalam keadaan keluarga miskin anak-anak lebih banyak diharapkan membantu orang tua dengan kesibukan sehari-hari di rumah. Keluarga miskin tidak berdaya akibat pendidikan dan ketrampilan rendah, tidak memiliki modal dan jaringan usaha. Umumnya keluarga miskin yang hanya mengandalkan penghasilan suami, sulit bahkan tidak bisa bangkit dari himpitan kemiskinan Dengan latihan menabung dan dukungan kredit keluarga sejahtera diharapkan seorang istri bisa bangkit membantu suami berwirausaha. Jika suami istri sama-sama berusaha, berarti menyatukan dua kekuatan yang tentu saja lebih baik dan membuka kesempatan untuk hidup lebih sejahtera.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu adaya pembinaan, bantuan permodalan, dan perbaikan pendidikan. dalam hal ini yayasan bekerjasama Damandiri bekerjasama dengan Desa untuk membantu mensejahterakan keluarga miskin

Komentar atas TEMU KERJA PROGRAM DESA MANDIRI LESTARI TAHUN 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License